JALUR PASCASARJANA (S2) - PASCASARJANA (S2)
Unggul
-
Program Magister (S2) Teknologi Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan profesional yang kompeten dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi program pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
Program ini mengkombinasikan teori pendidikan dengan praktik teknologi, sehingga lulusan mampu menciptakan solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di berbagai konteks pendidikan.
Fokus utama dari program ini adalah penggunaan teknologi untuk meningkatkan efektivitas pengajaran dan pembelajaran, serta mengembangkan keterampilan manajerial dalam pengelolaan teknologi pendidikan.
Desainer Instruksional: Merancang pengalaman belajar yang efektif dengan menggunakan teknologi, termasuk pengembangan kurikulum dan materi pembelajaran multimedia.
Konsultan Teknologi Pendidikan: Memberikan saran kepada institusi pendidikan dalam mengimplementasikan teknologi dan mengoptimalkan penggunaan alat-alat pendidikan.
Manajer Program E-learning: Mengelola dan mengembangkan program pembelajaran daring di lembaga pendidikan, termasuk merancang kurikulum online dan pelatihan pengajar.
Pengembang Konten Pendidikan: Menciptakan materi ajar berbasis teknologi, seperti video pembelajaran, modul interaktif, dan sumber belajar digital.
Spesialis Media Pembelajaran: Bertanggung jawab dalam pemilihan dan penggunaan media pembelajaran yang tepat untuk mendukung proses belajar mengajar.
Peneliti Teknologi Pendidikan: Melakukan penelitian mengenai pengaruh teknologi terhadap pembelajaran dan pengembangan metode baru dalam pendidikan.
Pendidik atau Dosen Teknologi Pendidikan: Mengajar di program studi teknologi pendidikan di perguruan tinggi dan memberikan pelatihan bagi guru atau pendidik.
Pengawas Pendidikan: Mengawasi penerapan teknologi dalam pendidikan di sekolah atau lembaga pendidikan lainnya dan mengevaluasi efektivitas penggunaannya.
Spesialis Pembelajaran Adaptif: Mengembangkan dan mengimplementasikan sistem pembelajaran yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa menggunakan teknologi.
Koordinator Proyek Teknologi Pendidikan: Mengelola proyek-proyek yang berhubungan dengan teknologi pendidikan, baik di lembaga pemerintah maupun swasta.
Pelatih Teknologi untuk Pendidik: Memberikan pelatihan dan dukungan kepada guru atau pengajar dalam menggunakan teknologi dan alat-alat pendidikan terbaru.
Ahli Kebijakan Pendidikan: Berkontribusi dalam pengembangan kebijakan pendidikan yang berkaitan dengan penggunaan teknologi di sekolah dan lembaga pendidikan.
Teori Pembelajaran: Mempelajari berbagai teori pembelajaran yang mendasari praktik pendidikan, termasuk teori konstruktivisme, behaviorisme, dan kognitivisme, serta penerapannya dalam konteks teknologi.
Desain Instruksional: Pembelajaran tentang cara merancang kurikulum dan pengalaman belajar yang efektif dengan menggunakan model-model desain instruksional seperti ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).
Teknologi Pembelajaran: Mempelajari alat dan media teknologi yang digunakan dalam pendidikan, termasuk perangkat lunak, aplikasi, dan platform e-learning.
Pengembangan Multimedia: Teknik dalam menciptakan materi pembelajaran berbasis multimedia, termasuk video, animasi, dan simulasi untuk mendukung proses pembelajaran.
Evaluasi dan Penilaian Pendidikan: Mempelajari metode dan alat evaluasi untuk mengukur efektivitas program pendidikan serta hasil belajar siswa.
Manajemen Teknologi Pendidikan: Mempelajari cara mengelola dan memimpin program teknologi pendidikan dalam lembaga pendidikan, termasuk pengembangan kebijakan dan pelatihan staf.
Inovasi dan Riset Teknologi Pendidikan: Mengkaji perkembangan terbaru dalam teknologi pendidikan dan melakukan penelitian untuk mengevaluasi dampaknya terhadap pembelajaran.
Pembelajaran Daring (E-learning): Mempelajari konsep, desain, dan implementasi pembelajaran daring, termasuk platform Learning Management System (LMS) dan teknik pembelajaran jarak jauh.
Pengembangan Sumber Belajar: Mempelajari cara mengembangkan dan mengadaptasi sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan konteks pendidikan.
Penggunaan Media Sosial dalam Pendidikan: Mengkaji bagaimana media sosial dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran dan kolaborasi di antara siswa dan pengajar.
Keterampilan Komunikasi dalam Teknologi Pendidikan: Mempelajari cara berkomunikasi secara efektif dalam konteks pendidikan menggunakan teknologi, termasuk presentasi dan penyampaian informasi.
Etika dan Kebijakan Teknologi Pendidikan: Mempelajari isu-isu etika terkait penggunaan teknologi dalam pendidikan, termasuk privasi, keamanan data, dan aksesibilitas.